Mulai Meminta Informasi
Tanggapan Permintaan Informasi
Keberatan Atas Informasi
Selesai
 

Dinas Komunikasi dan Informatika Majalengka Selenggarakan Sosialisasi KIP dan PPID se-Kecamatan Majalengka

PPID.MAJALENGKAKAB.GO.ID- Dalam rangka Solialisasi Pentingnya keterbukaan informasi publik. Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Majalengka melalui Bidang Pengembangan dan Pengendalian Komunikasi dalam hal ini Seksi Pelayanan Informasi Publik selenggarakan Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik dan PPID di Kecamatan Majalengka, bertempat di Gedung PGRI Majalengka, Rabu (28/08).

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab.Majalengka yang diwakili Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Komisioner Komisi Informasi Prov. Jawa Barat sebagai narasumber, Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Komunikasi Diskominfo Kab. Majalengka, Kepala Seksi Pelayanan Informasi Publik Diskominfo Kab. Majalengka,  para peserta Sosialisasi KIP dan PPID yang terdiri dari PPID Desa/Kelurahan se-Kecamatan Majalengka, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Komunikasi, Ria Restiana, S.Sos., M.Si., mengatakan bahwa hak memperoleh informasi merupakan Hak Asasi Manusia dan Keterbukaan Informasi Publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, salah satu prinsip penyelenggaraan pemerintah yang baik adalah akuntabilitas dan transparansi pemberlakuan Undang-undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik merupakan momentum penting dalam mendorong transparansi khususnya di Kab. Majalengka.

Lebih lanjut Kabid PPK menjelaskan, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memahami tugas PPID dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan PPID Kab. Majalengka sehingga dapat berjalan optimal sesuai dengan harapan serta menyampaikan pentingnya keberadaan PPID di setiap Badan Publik, sementara itu peserta yang dilibatkan berjumlah 40 orang.

“Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah dipahaminya pokok-pokok kebijakan umum PPID, dipahaminya sistem atau tata cara penyelesaian sengketa Informasi, serta meningkatkannya pengetahuan bagi para peserta sosialisasi”,jelas Kabid Bangdal Komunikasi.

Sementara itu sambutan Kepala Dinas Kominfo Kab. Majalengka yang diwakili Sekretaris Dinas Kominfo Kab. Majalengka, Wawan Sarwanto, ST., MH., mengawali sambutan ini saya mengucapkan selamat datang kepada Komisioner dari Komisi Informasi Prov. Jawa Barat yang berkenan memfasilitasi kegiatan yang berkaitan dengan PPID khususnya dalam memberikan pemahaman mengenai Keterbukaan Informasi Publik.

Lebih lanjut Sekdis Kominfo menjelaskan, adapun dalam Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik diamanatkan bahwa Badan Publik mempunyai kewajiban menyediakan, memberikan dan menerbitkan Informasi publik yang akurat, benar dan tidak menyesatkan, selain informasi yang dikecualikan Informasi terbuka menurut UU. No. 14 tahun 2008 ini adalah, Informasi yang wajib di umumkan secara berkala sesuai pasal 9, Informasi yang wajib di umumkan secara serta merta sesuai pasal 10, informasi yang wajib tersedia setiap saat sesuai pasal 11.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat memicu dan memacu semangat dalam bekerja sehingga kinerja kita sebagai pelayanan masyarakat khususnya pelayanan Informasi publik akan lebih baik lagi menuju masyarakat Majalengka yang maju, aman, kondusif, mandiri, unggul dan Religius”, tutup Sekdis Kominfo.

Usai sambutan kegiatan dilanjutkan dengan paparan materi yakni dari narasumber, Budi Yoga Permana dari Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa Barat, adapun materi yang disampaikan antara lain, mengenai Daftar Informasi Publik, Jenis Informasi Publik yang di dalamnya memuat pasal 6,9,10,11,14,15,16,17 Undang-undang KIP, kemudian Prosedur Pemohonan Informasi Publik yang termuat dalam pasal 21, 22 Undang-undang KIP, dan Penanganan Sengketa Informasi Publik yang termuat dalam pasal 35-46 Undang-undang KIP, selain itu dalam pemaparannya dijelaskan juga bahwa Daftar Informasi Publik adalah catatan yang berisi keterangan secara sistematis tentang seluruh Informasi Publik yang berada di bawah penguasaan Badan Publik tidak termasuk informasi yang dikecualikan, Badan Publik wajib menetapkan dan memutakhirkan secara berkala Daftar Informasi Publik atas seluruh Informasi Publik yang dikelola.

Usai paparan materi kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada peserta sosialisasi Hal ini merupakan bagian dari proses interaksi agar terjalinnya situasi komunikasi yang baik. (Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *