Mulai Meminta Informasi
Tanggapan Permintaan Informasi
Keberatan Atas Informasi
Selesai
 

PPID Majalengka Hadiri Rakor PPID Tahun 2019

PPID.MAJALENGKAKAB.GO.ID- Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah terutama pasal 27 terkait pembinaan Pengelola Layanan Informasi dan Dokumentasi (PLID) kabupaten/kota, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dalam hal ini Sekretariat Daerah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Peningkatan Kelembagaan dan Pembinaan PPID kabupaten/kota bertempat di Laut Biru Resort Hotel, Pantai Barat Pangandaran selama tiga hari mulai tanggal 30 Juli hingga 1 Agustus 2019.(30/7)

Untuk menambah wawasan mengenai keterbukaan informasi publik, Biro Humas dan Keprotokolan menghadirkan narasumber terkait seperti praktisi jurnalistik, anggota Komisi Informasi Pusat dan Motivator. Selain diisi dengan paparan narasumber, kegiatan juga diisi dengan diskusi aktif mengenai permasalahan yang dihadapi PPID kabupaten/kota.

Acara pembukaan rakor diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan do’a dan laporan serta sambutan yang sekaligus membuka kegiatan rakor.

Dalam laporannya, Kabag Pelayanan Media dan Informasi, Dra. Hj. Susi Tresnawati, M.Si., melaporkan bahwa rakor sekarang ini merupakan agenda lanjutan dari kegiatan Forum Komunikasi PPID yang sudah dilaksanakan pada tahun sebelumnya. Peserta rakor berasal dari PPID kabupaten/kota seluruh Jawa Barat yang berjumlah 27 kabupaten/kota dengan 2 (dua) orang peserta dari masing-masing kabupaten/kota. Melalui kegiatan ini, Hj. Susi berharap agar PPID kabupaten/kota dapat memperbaiki kualitas pelayanan informasi publik.

Dari PPID Kabupaten Majalengka menghadirkan 2 (dua) orang peserta, yakni Sekretaris PPID Utama yang juga merangkap Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Komunikasi  Dinas Komunikasi dan Informatika Ria Restiana, S.Sos., M.Si dan pelaksana harian PPID utama, Masduki, S.Sos.

Sambutan selamat datang disampaikan ASDA 2 Kabupaten Pangandaran yang turut hadir pada pembukaan acara tersebut. Dalam sambutan singkatnya ASDA 2 mengucapkan selamat datang serta ucapan terima kasih atas dipilihnya Pangandaran sebagai tempat pelaksanaan Rakor PPID, serta mengucapkan selamat menjalankan rapat koordinasi.

Sementara itu Kepala Biro Humas dan Keprotokolan, Ir. Hermansyah, M.Si., dalam sambutannya mengemukakan bahwa selaku pembina PPID kabupaten/kota pihaknya sudah membangun jejaring komunikasi antar PPID kabupaten/kota melalui pembentukan FKPPID.

Lebih lanjut Hermansyah juga menyampaikan rencana akan memberikan apresiasi bagi pemkab/kota yang telah berupaya melaksanakan Keterbukaan, Transparansi, Partisipasi dan Akuntabilitas pada Badan Publik melalui pembinaan PPID. Namun Hermansyah mengingatkan bahwa penghargaan bukanlah tujuan utama. “manfaat untuk masyarakatlah yang lebih diutamakan”, tuturnya.

Sebelum menutup sambutan dan membuka secara resmi Rakor PPID, Hermansyah berharap melalui Monev Transparansi, Partisipasi, dan Akuntabilitas dapat mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *